Rabu, 16 September 2020

CARA RISET PASAR YANG BENAR

RISET PASAR


Kegiatan riset pasar harus dilakukan oleh seseorang pebisnis yang mau memulai usahanya. Sebagai contoh bila kamu mau usaha warung makan atau warung kopi harus memperhatikan lokasi apakah sudah strategis, apakah tempat nya mudah terlihat, dan apakah daerahnya sudah banyak yang buka warung. Hal ini bisa di lakukan jika kamu mempunyai ilmunya. Kali ini kami akan memberikan cara-cara yang bisa di lakukan apabila mau melakukan riset pasar.


1. Lihat dan amati penjual produk yang sama denganmu

Kamu ingin usaha angkringan namun di daerah itu sudah ada juga yang usaha angkringan. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membelinya. Dengan cara membeli produk yang sama di samping itu kamu bisa melihat di sekelilingnya. Di dalam angkringan tersebut menyediakan apa saja, lihat perhatikan dan amati. Selain itu kamu bisa lihat menu yang di sajikan apa saja. Apabila sudah selesai membeli dan mengamati, kamu bisa catat dan mulai mikir apa yang berbeda dari angkringan yang akan kamu buat. Dan miliki perbedaan yang mencolok agar angkringan kamu memiliki nilai lebih. Dan juga kasih menu yang khas dan utama di produkmu. Cara ini bisa dilakukan dalam usaha apa saja.

Baca juga peluang usaha tidak ada matinya 2020

2. Jual harga  produk sesuai kemampuan konsumen daerah itu

Kalian bisa saja menjual produk dengan harga yang tinggi. Tapi jika kalian menjual di daerah perdesaan yang jauh dari perkotaan apakah ada yang mau membeli dengan harga tinggi?. Semisal kalian buka usaha catering, di daerah perkotaan atau perkantoran harga perbox 20 rb sudah termasuk murah. Tapi jika kalian terapkan di desa yang mungkin kemampuan rata rata penduduknya berpenghasilan rendah, pasti akn mikir mikir dulu. Mungkin bisa kasih harga 15rb per box. Yang terpenting kamu bisa melihat di daerah itu daya belinya bagaimana, apakah mayoritas berpenghasilan tinggi atau rendah.


3. Cari tahu apabila ada yang menjual produk yang lebih murah

Bila ada sebagian penjual yang menjual produknya sangat murah. Itu kalian bisa mencari ilmunya dengan cara membeli nya dan jangan malu untuk bertanya. Dengan Tanya bahan bakunya dank ok bisa semurah ini itu bagaimana. Mungkin dengan cara kamu menanyainya kamu bisa tahu dan jangan sampai kamu kelihatan bahwa mau mengamatinya. Mungkin murah karena membeli bahan baku yang sangat murah.


4. Survey pasar dengan baik 

Jika kamu ingin tahu bagaimana keadaan pasar tentang produk yang akan kamu jual, jangan Cuma Tanya kepada satu orang saja, namun Tanya kepada beberapa orang yang menurut kamu paham tentang kondisi pasar. Seperti para pedagang atau penjual yang ada disana. Tanyailah apa saja yang kamu belum mengerti, tentang masyarakat daerah nya bagaimana apakah senang membeli atau bisa Tanya yang lainya. Yang pasti tujuan ini untuk menambah informasi-informasi yang sudah terkumpul. Setelah itu kamu bisa memberi kesimpulan tentang pasar yang akan kamu buat untuk usaha.



Itu dia cara riset yang menurut kami tepat untuk dilakukan sebelum memulai suatu usaha. Agar lebih baik kamu mencari referensi di internet yang banyak sekali. Dan kamu bisa mendapat informasi yang lebih banyak dan terbaru.


Tidak ada komentar: