Rabu, 16 September 2020

AGAR USAHA TETAP BERKEMBANG DAN MENGIKUTI PERUBAHAN JAMAN

BERKKEMBANG


Kamu para pengusaha yang pastinya memiliki jiwa yang tangguh, pemberani dan siap hadapi rintangan apapun. Tapi terkadang kita merasa bahwa usaha kita itu sudah saat nya di beri inovasi agar tetap berkembang dan tidak tertinggal dari perubahan zaman. Apa lagi pada zaman sekarang semuanya di online kan dan ada juga yang tidak memiliki toko fisik tapi penghasilannya sangat banyak seperti dropship yang Cuma memanfaatkan online dan kemampuan marketing.

 Ada beberapa cara dan tips agar usaha kamu tetap berkembang dan mengikuti perubahan zaman.


1. Buat akun sosmed untuk usaha mu

Satu cara ini wajib untuk dilakukan para pengusaha. Apabila sudah memiliki toko fisik tetapi dengan membuat akun untuk usahamu akan lebih banyak yang mengenal produkmu. Cara membikinnya pun cukup mudah sekali, kamu bisa membuat akun sosmed seperti FB, Instagram, Twitter, dan nomor Whattshap khusus untuk usahamu. Dan yang tak kalah penting dari membuat akun ini adalah beri logo dan gambar yang menarik. Karena orang pada umumnya apabila melihat barang di online pasti melihat dari gambar dan deskripsi ulasannya.


2. Bikin website sendiri dan hubungkan ke google map

Sebuah usaha akan terlihat modern jika dalam iklannya di selipkan alamat website. Di dalamnya berisi tentang profil usaha dan beberapa produk produk yang di jualkan disana. Dan bisa juga mendaftarkan ke google map, agar para konsumen tahu keberadaan tepat toko kamu.. cara membuatnya gampang sekali untuk membuat website kamu bisa memulai dari yang gratisan dulu seperti blogspot atau wordpress dan kamu bisa lihat tutorial cara membuat website gratis di youtube atau di google juga banyak. Begitupun mengaitkan google map itu juga bisa kamu lihat tutorialnya di google atau di youtube banyak sekali.

baca juga RISET PASAR DULU SEBELUM MEMULAI USAHA

3. Mengikuti Komunitas Pengusaha

Ini juga merupakan cara yang ampuh agar usaha kamu berkembang dan tetap mengikuti perubahan zaman. Di komunitas pengusaha ini banyak sekali ilmu yang di dapat terbaru dan yang pasti unik unik. Di dalam komunitas banyak sekali para pengusaha yang bermacam macam, darai pemula senior, bahkan sudah ada yang jadi investor. Dari komunitas ini kamu bisa mencari wawasan dan ilmu yang banyak sekali. Dan kamu bisa sharing di dalam nya pasti ada yang memberikan solusi. Kamu bisa bergabung dalam komunitas pengusaha di sosmed seperti facebook dan ikut grub whatshapp itu juga baik sekali.


4. Di usahakan aktif di dunia maya

Sekarang ini semuanya serba online. Apalagi jual beli terkadang orang orang banyak sekali yang tidak mau pergi ke pasar dan memilih untuk berbelanja online. Itu menjadi peluang bagi para pelaku usah untuk berjualan online. Dan kamu agar tidak ketinggalan juga harus aktif di dunia online, bukan untuk membeli nya tapi lihat yang trend masa kini. Karena barang barang yang terbaru itu pasti pertama kali muncul di online.



Empat cara di atas bisa di lakukan agar kamu yang memiliki usaha tetap mengikuti perkembangan dan tidak tertinggal. Semoga saja semua yang memiliki usaha akan bertambah maju dan sukses di tambah lagi menciptakan peluang kerja untuk para sahabat kita yang sedang mengalami masalah besar yaitu pengangguran.


Tidak ada komentar: