Jumat, 04 Maret 2022

FOKUS BRANDING????? STRATEGI JUALAN SEBELUM BULAN RAMADHAN

    Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat din anti nantikan oleh seluruh umat islam yang ada di dunia. Terlebih lagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam ini, ramadhan merupakan suatu bulan yang sangat di nantikan dan di tunggu tunggu. Karena di dalam bulan ramadhan terdapat banyak sekali keberkahannya diantaranya berlipatnya pahala, suasana di malam harinya dan rezekinya.


from Eva by pexels.com


  Bagi seorang pedagang atau pengusaha, momen ramadhan ini menjadi salah satu momen yang di tunggu. Bahkan sudah mempersiapkan sebelum bulan puasa. Karena memang saat ramadhan ini penjualan akan semakin rame dan pintar pintar dalam mengatur waktu karena siangnya berpuasa.
  Ada beberapa tips dan trick juga strategi yang bisa di terapkan untuk para pelaku usaha, agar dagangannya semakin meledak jualanya saat Ramadan tiba. Berhubung juga ini di masa pandemi, jadi harus ada tips khusus untuk menanggapi masalah tersebut. 

Apa saja sih strategi untuk jualan sebelum Ramadan???


1. Fokus branding bukan selling


Untuk tips pertama dalam strategi jualan sebelum Ramadan yaitu utamakan ke brand ing dulu bukan selling. Maksudnya, focus ke merk produk anda dulu agar masyarakat tahu tentang produk anda. Usahakan masyarakat apabila mau beli sesuatu pasti terpikir ke produk anda. Semisal nih, kalo ada orang mau beli jilbab yang biasanya beli di toko orang lain tapi terpikirkan ke toko anda. Entah itu karena harganya yangf jauh lebih murah, atau karena orang melihat iklan anda yang sangat bagus. Untuk dapat focus ke branding, caranya dengan memaksimalkan iklan online, kuasai iklan di medsos, dan memiliki hal yang beda dari orang lain. 


2. Jual produk yang ada kaitannya dengan bulan ramadhan


Bagi kalian yang masih memulai usaha dan belum memiliki produk, kalian bisa menjadi drophsiper dengan menjual produk yang berkaitan dengan ramadhan, contohnya mukena, songkok, sajadah, parfum sarung, kue kering dll. Untuk pemasarnya pun juga sama, utamakan ke pengenalan produk anda terlebih dahulu. Agar para konsumen kenal dan ingin membeli produk di toko anda.


3. Kaitkan semua informasi produk kalian dengan bulan ramadhan


Jika kalian yang memiliki produk yang tidak ada kaitanya dengan bulan ramadhan seperti jualan kosmetik, buku, sepatu dll. Kalian bisa memberikan deskripsi penjualan anda yang ada hubunganya dengan bulan ramadhan. Semisal kalian yang berjualan sepatu, di deskripsinya kalian tambahkan ‘’sepatu murah dan diskon awal ramadhan’’ dan semisal jualan sepeda ‘’cocok untuk kalian yang hobinya ngabuburit sambil sepeda an’’ dll.


4. Maksimalkan iklan online


Iklan digital memang sangat berpotensi besar untuk menarik para konsumen. Jadi kuasai dan maksimalkan dalam bidang iklan online ini. Usahakan beriklan di semua medsos baik ig, wa, fb, twitter, dll. Dan juga di marketplace seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak dll. Ini sangat berpengaruh di brand produk anda, agar para konsumen tertarik dan yakin untuk membeli di toko anda.


5. Open reseller sebanyak mungkin


Ini juga menjadi salah satu strategi jualan sebelum ramadhan. Open reseller bisa meningkatkan omset penjualan anda. Dengan di bantu para reseller, anda tidak terlalu repot untuk mengiklankan produk anda. Jadi, mulai sekarang kalian bisa open reseller sebanyak mungkin.



Itu dia 5 strategi jualan sebelum ramadhan yang bisa kalian terapkan. Terimakasih…..

Tidak ada komentar: